Alokasi Sumber Daya

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 11.26

www.pexels.com

Dalam ilmu ekonomi, alokasi sumber daya adalah penugasan sumber daya yang tersedia untuk berbagai penggunaan. Dalam konteks ekonomi secara keseluruhan, sumber daya dapat dialokasikan dengan berbagai cara, seperti pasar, atau perencanaan.

Dalam manajemen proyek, alokasi sumber daya atau manajemen sumber daya adalah penjadwalan kegiatan dan sumber daya yang dibutuhkan oleh kegiatan tersebut sambil mempertimbangkan ketersediaan sumber daya dan waktu proyek.

Ekonomi

Dalam ilmu ekonomi, bidang keuangan publik berurusan dengan tiga bidang besar: stabilisasi makroekonomi, distribusi pendapatan dan kekayaan, dan alokasi sumber daya. Sebagian besar studi tentang alokasi sumber daya dikhususkan untuk menemukan kondisi di mana mekanisme alokasi sumber daya tertentu mengarah pada hasil yang efisien Pareto, di mana tidak ada situasi pihak yang dapat ditingkatkan tanpa merugikan pihak lain.

Perencanaan strategis

Dalam perencanaan strategis, alokasi sumber daya adalah rencana untuk menggunakan sumber daya yang tersedia, misalnya sumber daya manusia, terutama dalam waktu dekat, untuk mencapai tujuan di masa depan. Ini adalah proses mengalokasikan sumber daya yang langka di antara berbagai proyek atau unit bisnis.

Ada sejumlah pendekatan untuk memecahkan masalah alokasi sumber daya, mis. sumber daya dapat dialokasikan menggunakan pendekatan manual, pendekatan algoritmik (lihat di bawah), atau kombinasi keduanya.

Mungkin ada mekanisme kontingensi seperti peringkat prioritas item yang dikecualikan dari rencana, menunjukkan item mana yang harus didanai jika lebih banyak sumber daya harus tersedia dan peringkat prioritas beberapa item yang termasuk dalam rencana, menunjukkan item mana yang harus dikorbankan jika total pendanaan harus dikurangi.

Algoritma

Alokasi sumber daya dapat diputuskan dengan menggunakan program komputer yang diterapkan pada domain tertentu untuk secara otomatis dan dinamis mendistribusikan sumber daya kepada pelamar.

Ini sangat umum pada perangkat elektronik yang didedikasikan untuk perutean dan komunikasi. Misalnya, alokasi saluran dalam komunikasi nirkabel dapat diputuskan oleh stasiun pemancar dasar menggunakan algoritma yang sesuai.

Satu kelas sumber daya di mana pelamar menawar sumber daya terbaik menurut saldo "uang" mereka, seperti dalam model bisnis lelang online (lihat juga teori lelang).

Dalam satu makalah tentang alokasi irisan waktu CPU[7] algoritma lelang dibandingkan dengan penjadwalan pembagian proporsional.

 

Sumber Artikel: en.wikipedia.org