Anda Tertarik Kuliah Teknik Elektro? Apakah Prospek Kerjanya Bagus?

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 11.36

unsil.ac.id

KOMPAS.com - Siswa yang tertarik mendalami bidang listrik, jurusan Teknik Elektro dapat menjadi pilihan untuk melanjutkan jenjang pendidikan di perguruan tinggi. Untuk orang awam, lulusan Teknik Elektro dianggapnya hanya mengurusi permasalahan listrik saja. Padahal, Teknik Elektro adalah jurusan yang memiliki manfaat untuk kehidupan di dunia. Prospek kerja lulusan Teknik Elektro tak melulu jadi tukang perbaiki listrik.

Merangkum laman Ruang Guru, Senin (06/04/2021) menginformasikan Teknik Elektro merupakan ilmu yang mempelajari listrik dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Faktanya, ilmu teknik yang satu ini tak jauh-jauh dari ilmu dasar yang dipelajari saat SMA, yakni Fisika, Kimia dan Matematika.
Meski anda telah mempelajari Fisika dasar di SMA, ketika menekuni jurusan Teknik Elektro, akan mempelajari Fisika yang lebih berbagai macam lagi tentang rangkaian listrik. Semisal, interaksi antara komponen listrik, medan elektromagnetik, teknik digital listrik dan elektronika. Bahan-bahan yang dipergunakan untuk listrik, energi kontroversi listrik, pengukuran beban listrik, sistem telekomunikasi.

Adapun metode numerik, kalkulus, dan matematika teknik, serta mata kuliah sejenisnya yang terkait dengan Teknik Elektro. Jika anda tertarik masuk jurusan Teknik Elektro, terdapat sejumlah kampus yang mempunyai jurusan ini. Mulai dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Kemudian ada Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Malang, Universitas Gunadarma, dan Universitas Telkom.

Kemudia ada Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Kristen Petra dan sejumlah perguruan tinggi lainnya baik negeri ataupun swasta. Prospek kerja lulusan Teknik Elektro Berkat keahlian di bidang kelistrikkan, tidak sedikit lulusan Teknik Elektro yang membidik industri-industri tenaga listrik besar. Seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) atau Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Tak hanya sampai di PLTA dan PTU saja, masih banyak industri besar yang menjadi prospek kerja Teknik Elektro. Semisal, industri telekomunikasi yang membutuhkan Sarjana Teknik Elektro untuk mengatur jaringan nirkabel. Selain itu, adapun industri perminyakan dan gas, industri otomotif bagian perencanaan produk. Terlebih lagi anda dapat membidik Kementerian Perindustrian Republik Indonesia untuk menjadi pegawai pemerintah.

Selain itu tidak sedikit pula perusahaan bertaraf multinasional yang membutuhkan keahlian lulusan Teknik Elektro, khususnya bidang pertambangan. Alat-alat berat tambang memerlukan teknisi listrik untuk mengatur arus listrik yang memadai alat-alat kerja tersebut. Sarjana Teknik Elektro pun dapat menjadi dosen. Bahkan wirausaha, dan software engineer. Anda juga bisa membuka bisnis pribadi diantaranya tutor ketenagalistrikan, mengembangkan bisnis start up yang mengimplementasi ilmu kelistrikan, bisnis instalasi listrik, elektronika industri dan lain sebagainya. Sebagai software engineer, anda akan menangani seluruh siklus pengembangan perangkat lunak. Mulai dari analisis kebutuhan, perancangan, pengujian, pengembangan, dan maintenance untuk memenuhi kebutuhan tersebut.


Disadur dari sumber edukasi.kompas.com