Apa itu Bandwidth? Inilah Penjelasan, Beserta Fungsi dan Jenisnya

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 11.36

idwebhost.com

KOMPAS.com - Bagi Anda yang kerap bersinggungan dengan internet mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah Bandwidth. Bagi sebagian orang, Bandwidth umumnya dipergunakan untuk menyebut sebuah kecepatan dari jaringan internet. Bandwidth lekat dengan satuan bits per second (bps) pada suatu jaringan internet, semisal Mbps (Megabits per second), Kbps (Kilobits per second), dan lain-lain.

Dengan adanya satuan ini, sebagian orang mungkin akhirnya mengasosiasikan Bandwidth sebagai kecepatan dari jaringan internet. Di sisi lain, secara bahasa, Bandwidth sendiri sebetulnya tak memiliki arti sebagai kecepatan internet, melainkan artinya yaitu lebar pita. Lalu, benarkah Bandwidth itu bisa diartikan sebagai kecepatan jaringan internet?. Dalam internet, pengertian Bandwidth bisa dipahami sebagai kapasitas, kuota, atau volume dari suatu jaringan internet yang dipergunakan untuk menerima dan mengirim data per detik. Oleh karena itu, satuan Bandwidth yaitu bps (bits per second).

Secara rupa, Bandwidth paling mudah mungkin dapat dianalogikan layaknya pipa yang biasa dipergunakan untuk menghantarkan air dari satu titik ke titik lainnya. Pipa ini mempunyai volume tertentu untuk bisa menghantarkan air. Volume pada pipa itu yang bisa dikatakan mirip dengan Bandwidth. Sementara air yang dihantarkan lewat pipa, ibaratkan seperti data yang ditransfer dalam internet. Semakin besar volume pipa maka air dapat dihantarkan dengan lebih cepat untuk sampai ke titik lain. Begitupun dengan Bandwidth, jika volume atau kuota dari jalur internet mempunyai ukuran yang besar maka transfer data juga akan berjalan lebih cepat, seperti dikutip Lifewire, Senin (07/02/2022).

Dalam pengertian lain, Bandwidth merupakan kuota maksimum dari data yang bisa ditransfer per detik dalam jaringan internet. Bandwidth memang mempunyai arti yang sedikit mirip dengan kecepatan internet tetapi sebenarnya sangatlah berbeda. Kecepatan internet mengacu pada tingkat kecepatan transfer data. Sedangkan Bandwidth ialah kapasitas, volume, atau kuota maksimum yang bersifat tetap dari kecepatan itu. Semisal, Anda memiliki jaringan internet WiFi dengan kecepatan transfer data sampai 10 Mbps. Kemudian, Anda ingin mengakses layanan internet, seperti streaming, main game, dan unduh file secara bersamaan di 5 perangkat. Jaringan internet WiFi dapat membagi kecepatan transfer data secara rata pada 5 perangkat itu. Sehingga, masing-masing perangkat bisa mengakses layanan dengan kecepatan 2 Mbps sebab kuota maksimum dari Bandwidth-nya ialah 10 Mbps.

Fungsi Bandwidth dari penjelasan pengertian di atas, bisa disimpulkan setidaknya Bandwidth mempunyai beberapa fungsi untuk mengatur jaringan internet. Adapula fungsi Bandwidth mencakup Jalur transfer data Bandwidth dalam internet mempunyai fungsi sebagai jalur transfer data. Seperti analogi pipa dan air di atas, Bandwidth menjadi jalur yang menghubungkan jaringan internet dari satu perangkat ke yang lainnya untuk dapat menjalankan transfer data.

Semisal, Anda menggunakan perangkat router atau modem yang memancarkan koneksi internet lewat jaringan WiFi ke komputer. Didalamnya, terdapat Bandwidth sebagai jalur untuk menghantarkan koneksi agar komputer bisa transfer data di internet. Membatasi kecepatan transfer data Fungsi Bandwidth yang berikutnya ialah untuk membatasi kecepatan transfer data. Fungsi ini umunya digunakan oleh administrator atau pemilik koneksi internet agar menjaga kecepatan transfer data dapat berjalan optimal.


Disadur dari sumber tekno.kompas.com