Indonesia Disetujui Sebagai Sumber Baru “Daging Ayam Beku” di Singapura

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 12.47

finance.detik.com

SINGAPURA - Singapura akan segera dapat menerima ayam dari Indonesia.

Dalam sebuah posting Facebook pada hari Kamis (30 Juni), the Singapore Food Agency (SFA) mengatakan Indonesia telah disetujui sebagai sumber baru daging ayam beku, dingin dan olahan untuk Republik.

SFA menambahkan bahwa ayam dari perusahaan Indonesia yang disetujui sekarang dapat diimpor. Sumber yang ada di Singapura termasuk Brazil, Thailand, dan Australia.

Menteri Keberlanjutan dan Lingkungan Grace Fu juga memposting tentang pengumuman tersebut di Facebook.

Dia mengatakan, menambahkan Indonesia ke daftar Singapura dengan lebih dari 20 negara terakreditasi untuk mengimpor ayam adalah langkah maju lainnya dalam upaya negara itu untuk mendiversifikasi sumber dan meningkatkan ketahanan pasokan makanannya.

"Pasokan global akan terus menghadapi ketidakpastian, dan kita harus siap secara psikologis untuk lebih banyak gangguan dan volatilitas harga," tambahnya.

"Sementara Pemerintah melakukan perencanaan jangka panjang dan tindakan proaktif untuk menjaga pasokan makanan Singapura, konsumen dan industri makanan juga memiliki peran penting untuk dimainkan."

Ms. Fu mengatakan menjadi fleksibel dengan pilihan makanan dan bersedia untuk beralih ke produk alternatif bila diperlukan juga membantu meningkatkan ketahanan Singapura.

Pengumuman bahwa Singapura akan memiliki sumber ayam lain tepat waktu mengingat larangan ekspor ayam Malaysia, yang dimulai pada 1 Juni, masih berlaku.

Ekspor dihentikan agar harga dan pasokan di sana bisa stabil.

Meskipun Malaysia sejak itu mengizinkan ekspor ayam kampung dan ayam hitam, ayam broiler yang lebih umum dan terjangkau - yang merupakan mayoritas impor ayam Singapura dari Malaysia - masih dilarang.

Menurut SFA, 34 persen pasokan ayam Singapura berasal dari Malaysia. Sebagian besar ayam-ayam itu diimpor hidup-hidup dan disembelih di sini.

Dalam pengumumannya pada hari Kamis, SFA mengatakan ayam hanya dapat diimpor dari sumber yang diakreditasi olehnya untuk memastikan bahwa sumber tersebut memiliki sistem, proses, dan kemampuan yang diperlukan untuk memasok ayam yang dapat memenuhi standar keamanan pangan dan kesehatan hewan Singapura.

Ia menambahkan: "Perusahaan individu dan peternakan juga perlu dievaluasi dan disetujui.

“Penilaian akreditasi melibatkan evaluasi dokumenter terperinci dan audit di tempat untuk verifikasi. Pengiriman juga akan dikenakan inspeksi, pengambilan sampel, dan pengujian SFA saat diimpor.

"Ini memastikan kelangsungan strategi diversifikasi sumber SFA tanpa mengorbankan keamanan pangan."

 

Disadur dari sumber straitstimes.com