Inspeksi

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 11.13

Pemeriksaan pemeliharaan peralatan elektronik pada pesawat Angkatan Laut AS. (Wikipedia)

Inspeksi adalah, paling umum, pemeriksaan terorganisir atau latihan evaluasi formal. Dalam kegiatan rekayasa, inspeksi melibatkan pengukuran, pengujian, dan pengukur yang diterapkan pada karakteristik tertentu sehubungan dengan suatu objek atau aktivitas. Hasilnya biasanya dibandingkan dengan persyaratan dan standar yang ditentukan untuk menentukan apakah item atau aktivitas sejalan dengan target ini, seringkali dengan Prosedur Inspeksi Standar untuk memastikan pemeriksaan yang konsisten. Inspeksi biasanya tidak merusak.

Inspeksi dapat berupa inspeksi visual atau melibatkan teknologi penginderaan seperti pengujian ultrasonik, dilakukan dengan kehadiran fisik langsung atau jarak jauh seperti inspeksi visual jarak jauh, dan secara manual atau otomatis seperti inspeksi optik otomatis. Pengukuran optik non-kontak dan fotogrametri telah menjadi metode NDT umum untuk pemeriksaan komponen manufaktur dan pengoptimalan desain.

Tinjauan Pemerintah Skotlandia tahun 2007 tentang pengawasan layanan publik (The Crerar Review) mendefinisikan inspeksi layanan publik sebagai "... pengawasan berkala yang ditargetkan terhadap layanan tertentu, untuk memeriksa apakah mereka memenuhi standar kinerja nasional dan lokal, persyaratan legislatif dan profesional, dan kebutuhan pengguna jasa.”

Inspeksi mendadak cenderung memiliki hasil yang berbeda dari inspeksi yang diumumkan. Para pemimpin yang ingin mengetahui bagaimana kinerja orang lain dalam organisasi mereka dapat datang tanpa peringatan, untuk melihat secara langsung apa yang terjadi. Jika pemeriksaan diketahui sebelumnya, hal itu dapat memberi orang kesempatan untuk menutupi atau memperbaiki kesalahan. Hal ini dapat menyebabkan temuan yang menyimpang dan tidak akurat. Inspeksi mendadak, oleh karena itu, memberi inspektur gambaran yang lebih baik tentang keadaan khas objek atau proses yang diperiksa daripada inspeksi yang diumumkan. Ini juga meningkatkan kepercayaan eksternal dalam proses inspeksi.

Inspeksi khusus

Manufaktur

Inspeksi dan pengukuran ketebalan lapisan yang berbeda dari chip elektronik menggunakan THz dan radiasi sinar-X. THz memiliki hak istimewa untuk menjadi non-pengion (non-destruktif) tetapi resolusi sinar-X lebih tinggi.

Inspeksi/verifikasi dalam proses terkait kualitas adalah bagian penting dari kontrol kualitas di bidang manufaktur. karakteristik produk atau proses dan membandingkan hasilnya dengan persyaratan yang ditentukan untuk menentukan apakah persyaratan terpenuhi untuk setiap karakteristik. Contoh umum inspeksi dengan pengukuran atau pengukuran termasuk menggunakan jangka sorong atau mikrometer untuk menentukan apakah dimensi bagian yang diproduksi berada dalam toleransi dimensi yang ditentukan dalam gambar untuk bagian itu, dan dengan demikian dapat diterima untuk digunakan.

Design for Inspection (DFI) adalah konsep yang harus melengkapi dan bekerja sama dengan Design for Manufacturability (DFM) dan Design for Assembly (DMA) untuk mengurangi biaya produksi produk dan meningkatkan kepraktisan manufaktur.

Fotogrametri adalah cara inspeksi visual modern, memberikan akurasi dan ketertelusuran tinggi untuk berbagai industri. Sistem 3D portabel adalah mesin pengukur koordinat optik (CMM) serbaguna dengan berbagai kemampuan. Pengukuran titik yang sangat akurat dapat dilakukan dengan inspeksi yang dilakukan langsung ke model, geometri, atau gambar CAD. (DFI)

Peralatan kebakaran

Sebagian besar peralatan kebakaran perlu diperiksa untuk memastikan jika terjadi kebakaran, segala upaya telah dilakukan untuk memastikan tidak lepas kendali. Alat pemadam harus diperiksa setiap bulan oleh hukum dan diperiksa oleh perusahaan servis setidaknya setahun sekali. Alat pemadam api bisa berat, jadi ada baiknya berlatih mengambil dan memegang alat pemadam untuk mendapatkan gambaran tentang berat dan rasanya.

Bisnis

Dalam perdagangan internasional beberapa negara tujuan memerlukan pemeriksaan pra pengapalan. Importir menginstruksikan kepada pengirim perusahaan inspeksi mana yang harus digunakan. Pemeriksa membuat gambar dan laporan untuk menyatakan bahwa barang yang dikirim dan diproduksi sesuai dengan dokumen yang menyertainya.

Inspeksi komoditas adalah istilah lain yang digunakan antara pembeli dan penjual. Lingkup pekerjaan inspeksi komoditas tergantung pada pembeli. Beberapa pembeli menyewa agen inspeksi hanya untuk inspeksi pra-pengiriman yaitu inspeksi kualitas visual, kuantitas, pengepakan, penandaan dan pemuatan dan beberapa lainnya meminta inspeksi tingkat yang lebih tinggi dan meminta agen inspeksi untuk hadir di toko vendor dan memeriksa komoditas selama proses manufaktur. Biasanya inspeksi dilakukan berdasarkan rencana inspeksi dan pengujian (ITP) yang disepakati.

Pemerintah

Dalam pemerintahan dan politik, inspeksi adalah tindakan otoritas pemantau yang melakukan peninjauan resmi terhadap berbagai kriteria (seperti dokumen, fasilitas, catatan, dan aset lainnya) yang dianggap oleh otoritas terkait dengan inspeksi. Inspeksi digunakan untuk tujuan menentukan apakah suatu badan mematuhi peraturan. Inspektur memeriksa kriteria dan berbicara dengan individu yang terlibat. Sebuah laporan dan d evaluasi mengikuti kunjungan tersebut.

Di Amerika Serikat, Food Safety Inspection Service bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua produk daging dan telur aman dikonsumsi dan diberi label secara akurat. Undang-Undang Pemeriksaan Daging tahun 1906 memberi wewenang kepada Menteri Pertanian untuk memerintahkan pemeriksaan daging dan mengutuk setiap ditemukan tidak layak untuk konsumsi manusia.

Komisi Pengawasan, Verifikasi dan Inspeksi Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah badan pengawas yang memeriksa senjata pemusnah massal.

Komisi Skotlandia untuk Regulasi Perawatan mengatur dan memeriksa layanan perawatan di Skotlandia.

Inspektorat ketenagakerjaan adalah badan pemerintah yang melakukan pemeriksaan kepatuhan terhadap undang-undang ketenagakerjaan. Ia melakukan inspeksi di tempat kerja atau lokasi bangunan.

Pengawal Nasional Udara Oregon melakukan inspeksi menara radio

Kendaraan jalan raya

Inspeksi kendaraan, misalnya, inspeksi tahunan, adalah inspeksi yang diperlukan pada kendaraan agar sesuai dengan undang-undang tentang keselamatan, emisi, atau keduanya. Ini terdiri dari pemeriksaan komponen kendaraan, biasanya dilakukan oleh mekanik bersertifikat. Kendaraan lulus inspeksi pra-garansi, jika, dan hanya jika, seorang mekanik memberikan bukti untuk kondisi kerja yang tepat dari sistem kendaraan yang ditentukan dalam jenis inspeksi.

Teknik, mekanik

Informasi lebih lanjut: Pengujian tak merusak

Inspeksi mekanis biasanya dilakukan untuk memastikan keamanan atau keandalan struktur atau mesin.

Di Eropa, badan yang terlibat dalam inspeksi teknik dapat dinilai oleh badan akreditasi menurut ISO 17020 "Kriteria umum untuk pengoperasian berbagai jenis badan yang melakukan inspeksi". Standar ini mendefinisikan inspeksi sebagai "pemeriksaan produk, proses, layanan, atau instalasi atau desainnya dan penentuan kesesuaiannya dengan persyaratan khusus atau, berdasarkan pertimbangan profesional, dengan persyaratan umum".

Pemeriksaan non-destruktif (NDE) atau pengujian tidak rusak (NDT) adalah keluarga teknologi yang digunakan selama inspeksi untuk menganalisis bahan, komponen, dan produk baik untuk cacat bawaan (seperti patah atau retak), atau cacat akibat layanan (kerusakan karena penggunaan). Beberapa metode umum adalah visual, pemindaian tomografi komputer industri, mikroskop, inspeksi penetran pewarna, inspeksi partikel magnetik, pengujian sinar-X atau radiografi, pengujian ultrasonik, pengujian arus eddy, pengujian emisi akustik, dan inspeksi termografi. Selain itu, banyak inspeksi non-destruktif yang dapat dilakukan dengan timbangan presisi, atau saat bergerak, checkweigher. Mikroskop stereo sering digunakan untuk memeriksa produk kecil seperti papan sirkuit untuk cacat produk.

Inspeksi dan bantuan teknis selama perputaran membantu mengurangi waktu henti yang mahal serta memastikan dimulainya kembali operasi dengan cepat dan aman.

Medis

Inspeksi medis adalah visualisasi pasien yang menyeluruh dan tidak tergesa-gesa, ini membutuhkan penggunaan mata telanjang.

Militer

Kapal pemeriksaan adalah kapal yang digunakan untuk memeriksa kapal yang memasuki atau meninggalkan pelabuhan selama masa perang.

Jalan kereta api

Lokomotif inspeksi kereta api adalah jenis khusus dari lokomotif uap yang dirancang untuk membawa pejabat kereta api dalam tur inspeksi properti kereta api.

Perumahan

Penilaian kondisi properti adalah pemeriksaan untuk tujuan mengevaluasi kondisi properti komersial atau bisnis sering kali sebagai bagian dari penyelidikan uji tuntas bagi perusahaan untuk mengetahui apa yang dibelinya. Pejabat kode bangunan melakukan inspeksi bangunan untuk menentukan kepatuhan kode di gedung baru atau yang diubah sebelum mengeluarkan sertifikat hunian. Inspeksi perumahan bukan untuk kepatuhan kode disebut inspeksi rumah. Ada banyak jenis inspeksi real estat dan infrastruktur yang lebih spesifik seperti inspeksi badai angin, audit energi, dan inspeksi video saluran pipa.

Inspeksi perangkat lunak

Inspeksi perangkat lunak, dalam pemrograman perangkat lunak, mengacu pada tinjauan sejawat dari setiap produk kerja oleh individu terampil yang mencari bug menggunakan protokol pengujian yang ditentukan.

 

Sumber Artikel: en.wikipedia.org