Inspeksi visual

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 11.13

www.lfc.co.id

Inspeksi visual adalah metode umum untuk kontrol kualitas, akuisisi data, dan analisis data. Inspeksi Visual, digunakan dalam pemeliharaan fasilitas, berarti inspeksi peralatan dan struktur menggunakan salah satu atau semua indra manusia seperti penglihatan, pendengaran, sentuhan dan penciuman dan/atau peralatan inspeksi non-khusus. Inspeksi yang membutuhkan Ultrasonic, peralatan X-Ray, Infra-red, dll. biasanya tidak dianggap sebagai Inspeksi Visual karena metodologi Inspeksi ini memerlukan peralatan, pelatihan, dan sertifikasi khusus.

Kontrol kualitas

Sebuah studi inspeksi visual sirkuit terpadu kecil menemukan bahwa durasi modal fiksasi mata inspektur terlatih adalah sekitar 200 ms. Inspektur yang paling akurat membuat fiksasi mata paling sedikit dan tercepat. Ketika chip yang sama dinilai lebih dari satu kali oleh inspektur individu, konsistensi penilaian sangat tinggi sedangkan konsistensi antara inspektur agak kurang. Variasi dengan faktor enam dalam kecepatan inspeksi menyebabkan variasi kurang dari faktor dua dalam akurasi inspeksi. Inspeksi visual memiliki tingkat positif palsu 2% dan tingkat negatif palsu 23%.

Terminologi lucu

Melakukan pencarian bola mata berarti mencari sesuatu yang spesifik dalam kumpulan kode atau data dengan mata kepala sendiri, dibandingkan dengan menggunakan semacam perangkat lunak pencocokan pola seperti grep atau alat pencarian otomatis lainnya. Juga dikenal sebagai vgrep atau ogrep, yaitu, "visual/optical grep", dan di dunia mainframe IBM sebagai IEBIBALL.[3] [diperlukan sumber yang lebih baik] Aplikasi paling penting dari pencarian bola mata / vgrep dalam rekayasa perangkat lunak adalah vdiff .

Dalam berbagai disiplin ilmu disebut juga "teknik bola mata" atau "metode bola mata" (penilaian data).

"Eyeballing" adalah metode penilaian data awal yang paling umum dan tersedia.

Para ahli dalam pengenalan pola berpendapat bahwa teknik "bola mata" masih merupakan prosedur yang paling efektif untuk mencari struktur data yang sewenang-wenang dan mungkin tidak diketahui.

Di militer, menerapkan pencarian semacam ini ke medan dunia nyata sering disebut sebagai perangkat "menggunakan Mark I Eyeball" (diucapkan sebagai Mark One Eyeball), militer AS mengadopsinya pada 1950-an.[6] Istilah ini mengacu pada nomenklatur militer, "Mark I" menjadi versi pertama dari kendaraan atau senjata militer.

 

Sumber Artikel: en.wikipedia.org