Kenapa Jarang Jurusan Teknik Elektro Dipilih Calon Mahasiswa? Padahal Punya Peluang Kerja yang Besar

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 11.36

kuliahdimana.id

KOMPAS.com – Jurusan Teknik Elektro sangat jarang ditemukan dalam daftar jurusan perguruan tinggi favorit para calon mahasiswa sekarang ini. Padahal, sebenarnya lulusan Jurusan Teknik Elektro masih banyak dicari perusahaan. Perlu diketahui, Teknik Elektro merupakan bidang ilmu yang mempelajari listrik beserta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Teknik Elektro akan membahas konsep, perancangan, pengembangan, dan produksi perangkat listrik dan elektronik. Tidak hanya itu, Jurusan Teknik Elektro juga mengajarkan mahasiswa tentang metode pembangkit listrik dengan sumber energi baru, metode penyimpanan energi, dan metode kontrol penghematan energi.

Alasan memilih Jurusan Teknik Elektro Kebutuhan ahli teknik elektro di dunia kerja masih tergolong tinggi. Penyebabnya, seseorang dengan kualifikasi pendidikan teknik elektro diperlukan di hampir seluruh lini industri. Mulai dari industri telekomunikasi, minyak dan gas, semikonduktor, aerospace, manufaktur, otomotif, transportasi, jasa dan pelayanan, sampai bio engineering.

Biasanya, lulusan Jurusan Teknik Elektro banyak dibutuhkan perusahaan untuk menangani beragam persoalan listrik dan sistem peralatan elektronik, termasuk membangun sistem distribusi tenaga listrik. Bisa perhatikan, perusahaan mana yang kini tak membutuhkan listrik? Sudah pasti seluruh kegiatan operasional perusahaan memerlukan listrik, bukan? Selain menjadi pekerja yang menangani masalah listrik di perusahaan, lulusan teknik elektro pun dapat menjadi peneliti yang melaksanakan eksperimen di laboratorium.
Salah satu kegiatan peneliti di laboratorium ialah menjalankan serangkaian tes terhadap desain baru dari sebuah penemuan di bidang rekayasa teknik. Industri bidang minyak dan gas akan sangat memerlukan sumber daya manusia (SDM) yang menguasai bidang tersebut.

Seperti diketahui, gaji karyawan yang bekerja di bidang minyak dan gas masih tinggi. Inilah yang menjadi daya tarik Jurusan Teknik Elektro. Prospek kerja lulusan Jurusan Teknik Elektro sebetulnya cukup luas, diantaranya menjadi robot engineer, pencipta alat-alat internet of things (IoT), perancang dan teknisi mesin, teknisi dan operator pabrik, ahli robotik, teknisi listrik atau electrical engineer, research and development (RnD), quality assurance and quality control (QA and QC), system analyst, bahkan dosen.

Materi yang dipelajari selama kuliah di Jurusan Teknik Elektro Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro akan belajar tentang aplikasi kelistrikan, elektronika, dan elektromagnetik. Secara umum, ada 3 bidang yang menjadi fokus atau konsentrasi mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, yakni tenaga listrik (arus kuat), elektronika (arus lemah), dan telekomunikasi. Selain ketiga bidang utama tersebut, mahasiswa teknik elektro pun dapat memilih konsentrasi teknik sistem kendali, teknik instrumentasi, dan lainnya.

Adapula mata kuliah yang bisa dipelajari selama mengenyam pendidikan tinggi bidang teknik elektro diantaranya Rangkaian Listrik, Medan Elektromagnetik, Mikroprosesor, Sistem Kontrol, Sistem Telekomunikasi, Teknik Digital, dan Bahan-bahan Listrik. Selanjutnya, adapun mata kuliah Pengukuran Beban Listrik, Konversi Energi, Pengolahan Sinyal Digital, Elektronika Daya, Medan Listrik, dan lain-lain. Apabila berniat melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana, mahasiswa bisa memilih bidang kajian yang lebih spesifik.


Disadur dari sumber kompas.com