Kontaminasi

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

24 Agustus 2022, 10.31

www.eafnature.org

Kontaminasi adalah adanya konstituen, pengotor, atau elemen lain yang tidak diinginkan yang merusak, merusak, menginfeksi, membuat tidak layak, atau membuat inferior suatu bahan, tubuh fisik, lingkungan alam, tempat kerja, dll.

Jenis kontaminasi

Dalam ilmu pengetahuan, kata "kontaminasi" dapat memiliki berbagai perbedaan makna yang halus, apakah kontaminan itu padat atau cair, serta varians lingkungan tempat kontaminan itu ditemukan. Kontaminan bahkan mungkin lebih abstrak, seperti dalam kasus sumber energi yang tidak diinginkan yang dapat mengganggu suatu proses. Berikut ini merupakan contoh dari berbagai jenis kontaminasi berdasarkan ini dan varians lainnya.

Kontaminasi kimia

Dalam kimia, istilah "kontaminasi" biasanya menggambarkan unsur tunggal, tetapi dalam bidang khusus istilah ini juga dapat berarti campuran kimia, bahkan sampai ke tingkat bahan seluler. Semua bahan kimia mengandung beberapa tingkat pengotor. Kontaminasi dapat dikenali atau tidak dan dapat menjadi masalah jika bahan kimia yang tidak murni menyebabkan reaksi kimia tambahan ketika dicampur dengan bahan kimia atau campuran lainnya. Reaksi kimia yang dihasilkan dari adanya pengotor kadang-kadang dapat bermanfaat, dalam hal ini label "kontaminan" dapat diganti dengan "reaktan" atau "katalis". (Ini mungkin benar bahkan dalam kimia fisik, di mana, misalnya, pengenalan pengotor dalam semikonduktor intrinsik secara positif meningkatkan konduktivitas) Jika reaksi tambahan merugikan, istilah lain sering diterapkan seperti "toksin", "racun", atau polutan, tergantung pada jenis molekul yang terlibat. Dekontaminasi bahan kimia dapat dicapai melalui dekomposisi, netralisasi, dan proses fisik, meskipun pemahaman yang jelas tentang kimia yang mendasarinya diperlukan. Kontaminasi obat-obatan dan terapi terkenal berbahaya dan menciptakan tantangan persepsi dan teknis.

Kontaminasi lingkungan

Dalam kimia lingkungan, istilah "kontaminasi" dalam beberapa kasus hampir setara dengan polusi, di mana kepentingan utamanya adalah kerusakan yang dilakukan dalam skala besar terhadap manusia, organisme, atau lingkungan. Kontaminan lingkungan mungkin bersifat kimia, meskipun mungkin juga agen biologis (bakteri patogen, virus, spesies invasif) atau fisik (energi). Pemantauan lingkungan adalah salah satu mekanisme yang tersedia bagi para ilmuwan untuk mendeteksi aktivitas kontaminasi sejak dini sebelum menjadi terlalu merugikan.

Kontaminasi pertanian

Jenis lain dari pencemar lingkungan dapat ditemukan dalam bentuk organisme hasil rekayasa genetika (GMO), khususnya ketika mereka bersentuhan dengan pertanian organik. Kontaminasi semacam ini dapat mengakibatkan desertifikasi pertanian. Kontaminasi semacam ini terkadang sulit dikendalikan, sehingga memerlukan mekanisme kompensasi bagi petani yang telah terkontaminasi oleh transgenik. Sebuah Penyelidikan Parlemen di Australia Barat mempertimbangkan berbagai pilihan untuk memberi kompensasi kepada petani yang pertaniannya telah terkontaminasi oleh transgenik tetapi akhirnya memutuskan untuk tidak merekomendasikan tindakan.

Kontaminasi makanan, minuman, dan farmasi

Dalam kimia makanan dan kimia obat, istilah "kontaminasi" digunakan untuk menggambarkan intrusi berbahaya, seperti adanya racun atau patogen dalam makanan atau obat-obatan farmasi.

Kontaminasi radioaktif

Di lingkungan di mana keselamatan nuklir dan proteksi radiasi diperlukan, kontaminasi radioaktif menjadi perhatian. Zat radioaktif dapat muncul di permukaan, atau di dalam padatan, cairan, atau gas (termasuk tubuh manusia), di mana kehadirannya tidak disengaja atau tidak diinginkan, dan proses dapat menimbulkan kehadirannya di tempat tersebut. Beberapa contoh kontaminasi radioaktif meliputi:

  • sisa bahan radioaktif yang tersisa di suatu lokasi setelah selesainya dekomisioning suatu lokasi yang terdapat reaktor nuklir, seperti pembangkit listrik, reaktor eksperimental, reaktor isotop, atau kapal atau kapal selam bertenaga nuklir
  • tertelan atau diserap bahan radioaktif yang mencemari entitas biologis, baik tidak sengaja atau sengaja (seperti dengan radiofarmasi
  • lolosnya unsur-unsur setelah kecelakaan nuklir, seperti kontaminasi Yodium-131 ​​dan Cesium-137 setelah bencana nuklir di Chernobyl, Ukraina.

Perhatikan bahwa istilah "kontaminasi radioaktif" mungkin memiliki konotasi yang tidak dimaksudkan. Istilah ini hanya mengacu pada keberadaan radioaktivitas, dan tidak memberikan indikasi sendiri tentang besarnya bahaya yang terlibat. Namun, radioaktivitas dapat diukur sebagai kuantitas di lokasi tertentu atau pada permukaan, atau pada satuan luas permukaan, seperti meter persegi atau sentimeter.

Seperti pemantauan lingkungan, pemantauan radiasi dapat digunakan untuk menangkap aktivitas penyebab kontaminasi sebelum menimbulkan banyak kerusakan.

Kontaminasi antarplanet

Kontaminasi antarplanet terjadi ketika benda planet secara biologis terkontaminasi oleh wahana antariksa atau pesawat ruang angkasa, baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Ini dapat bekerja baik saat tiba di benda planet asing dan saat kembali ke Bumi.

Bukti yang terkontaminasi

Dalam ilmu forensik, bukti dapat terkontaminasi. Kontaminasi sidik jari, rambut, kulit, atau DNA—dari responden pertama atau dari sumber yang tidak terkait dengan investigasi yang sedang berlangsung, seperti anggota keluarga atau teman korban yang bukan tersangka—dapat menyebabkan hukuman yang salah, pembatalan persidangan, atau penghilangan bukti .

Sampel yang terkontaminasi

Kontaminasi pada piring agar

Dalam ilmu biologi, pengenalan materi "asing" yang tidak disengaja dapat secara serius mendistorsi hasil eksperimen di mana sampel kecil digunakan. Dalam kasus di mana kontaminan adalah mikroorganisme hidup, seringkali dapat berkembang biak untuk mendominasi sampel dan membuatnya tidak berguna, seperti pada garis kultur sel yang terkontaminasi. Pengaruh serupa dapat dilihat dalam geologi, geokimia, dan arkeologi, di mana bahkan beberapa butir material dapat mendistorsi hasil eksperimen yang canggih.[24]

 

Sumber Artikel: en.wikipedia.org