Menteri Basuki Serahkan Hadiah Pemenang Sayembara Konsep Perancangan IKN Nusantara, Juara 1 Dapat Rp 500 Juta

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 12.35

money.kompas.com

Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dengan Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti serta Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Gregorius Budi Yulianto mempersembahkan hadiah bagi para pemenang Sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangunan Gedung Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Auditorium kementerian PUPR, Senin(18/7/2022).

“Saya yakin total hadiah ini bukanlah yang utama bagi para pemenang, namun kontribusi dalam membangun IKN Nusantara yang menjadi kebanggaan serta value Bapak Ibu. Sebagaimana sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara dua tahun lalu, kita membuka kesempatan untuk semua anak bangsa dalam berkontribusi membangun ibukotanya,” papar Menteri Basuki.

Menteri Basuki menyampaikan, dalam penentuan pemenang sayembara kawasan dan bangunan gedung IKN ini adalah hal yang tak mudah. “Sesudah juri menentukan tiga finalis pada setiap kategori saya disuruh untuk memilih 1. Ini tidaklah mudah sebab hasilnya banyak yang bagus, saya menilai sampai empat kali. Pertama, bersama-sama dengan Dirjen Cipta Karya dan Tim, dijelaskan satu persatu. Kedua, besoknya saya sendirian. Ketiga saya mengajak Kepala Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN. Keempat, kembali bersama Dirjen Cipta Karya dan Dirjen Perumahan  dalam memutuskan pemenang,” ungkap Menteri Basuki.

Guna memperoleh hasil yang optimal, Menteri Basuki meminta hasil karya para pemenang ini dikolaborasikan untuk terciptanya karya arsitektur yang tersinkronisasi antara struktur, estetika dan fungsinya. “Copyright terdapat di Kementerian PUPR, tetapi nanti kita mengajak para arsitekturnya untuk  mengoptimalkan desain ini guna menjadi yang terbaik dan bisa diterima seluruh pihak. Mudah-mudahan hasil tersebut menjadi basic design dan terdapat yang dilelangkan untuk dibangun tahun 2022 ini,” ungkap Menteri Basuki.

Adapun para pemenang sayembara diantaranya, untuk Kompleks Perkantoran Yudikatif juara pertama dimenangkan oleh karya berjudul Adil Ka’Talino, juara kedua, dengan judul karya Paramarta dan juara ketiga yaitu Cakra Nusantara.

Sementara untuk Kompleks Istana Wakil Presiden diputuskan tak ada juara pertama, namun terdapat 2 karya yang ditentukan sebagai juara kedua yaitu karya berjudul Huma Betang Umai dan Istana Kerakyatan, dan juara ketiga dengan karya berjudul Dwi Arya Wibawa.

Sedangkan untuk kompleks peribadatan, 3 karya terpilih ditentukan sebagai juara kedua yakni karya berjudul Humanity Beyond Religion, Cahaya Batang Haring Nusantara, dan AkuRukun.

Kemudian untuk Kompleks Perkantoran Legislatif juga diputuskan tak terdapat juara pertama, namun ada 2 karya sebagai juara kedua yakni Sasana Swara Nusantara dan Rajut Swara Indonesia. Juara ketiga dimenangkan oleh karya dengan judul Lingkar Demokrasi.   

Para pemenang akan memperoleh penghargaan berupa uang tunai dengan rincian juara I sebesar Rp. 500 juta, juara II sebesar Rp. 250 juta dan juara III sebesar Rp. 150 juta.

Ketua Umum IAI Gregorius Budi Yulianto mengapresiasi sayembara yang dilakukan Kementerian PUPR ini. “Kita sangat menyambut baik sayembara yang dilakukan Kementerian PUPR. Dewan juri untuk sayembara ini juga berasal dari berbagai kalangan tak hanya arsitek supaya hasilnya lebih objektif,” ungkap Budi.

Perwakilan Juara I Kategori Gedung Yudikatif Eduardus Ary Witjaksono menyampaikan rasa terima kasih sebab diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembangunan IKN. “Suatu kebanggaan bagi kita untuk dapat terlibat mendesain bangunan di IKN. Saya harap ke depannya kita bisa terlibat lebih banyak lagi,” ujarnya.


Disadur dari sumber pu.go.id/berita