Pekerjaan dalam Proses

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 13.00

kledo.com

"Pekerjaan dalam proses" dialihkan ke sini. Untuk kegunaan lain, lihat Pekerjaan sedang berlangsung (disambiguasi).

Barang dalam proses (WIP), barang dalam proses (WIP), barang dalam proses, atau persediaan dalam proses mengacu pada barang jadi sebagian perusahaan menunggu penyelesaian dan penjualan akhirnya, atau nilai barang-barang ini. Istilah ini digunakan dalam manajemen rantai pasokan, dan WIP adalah input kunci untuk menghitung persediaan di neraca perusahaan.

Inventaris WIP dalam manajemen rantai pasokan

Perhitungan inventaris WIP dapat membantu perusahaan menilai kesehatan rantai pasokan mereka dan memandu dalam perencanaan rantai pasokan. Dalam kebanyakan kasus, sangat ideal untuk memiliki tingkat persediaan WIP yang rendah, dan perusahaan yang mengelola tingkat persediaan mereka secara efisien cenderung memiliki biaya yang lebih rendah. Mengelola inventaris WIP memerlukan koordinasi antara beberapa fungsi dalam perusahaan, serta dengan pemasok dan pelanggan. Tingkat persediaan WIP yang lebih tinggi menguntungkan karena dapat mendukung lonjakan permintaan, serta meningkatkan waktu siklus karena ada lebih banyak bahan dalam produksi. Namun, ini juga dapat meningkatkan biaya penyimpanan dan risiko keusangan, serta menyebabkan pemborosan jika permintaan lebih rendah dari yang diharapkan.

Inventaris WIP dalam akuntansi

Persediaan WIP mengacu pada barang yang sedang dalam produksi dan belum menjadi barang jadi. Di neraca, persediaan WIP diagregasikan ke dalam garis persediaan di bawah aset lancar bersama dengan bahan baku dan barang jadi.

Untuk menghitung persediaan WIP pada akhir periode akuntansi, diperlukan 3 angka berikut: persediaan awal WIP, biaya produksi, dan barang jadi. Persediaan awal WIP adalah angka persediaan WIP dari periode akuntansi sebelumnya. Biaya produksi mencakup semua biaya yang terkait dengan pembuatan produk, seperti bahan baku, tenaga kerja, dan biaya overhead. Barang jadi adalah nilai total barang yang siap dijual pada periode akuntansi berjalan. Rumus untuk menghitung persediaan WIP adalah sebagai berikut: persediaan awal WIP + biaya produksi – barang jadi.

Perlakuan pajak

Di Inggris Raya, HMRC tidak memiliki definisi khusus tentang barang dalam proses, tetapi tiga jenis item yang belum selesai diidentifikasi untuk tujuan pajak:

  • produk yang diproduksi
  • kontrak untuk layanan
  • kontrak konstruksi

 

Sumber Artikel: en.wikipedia.org