Program Studi Magister (S2) di ITS

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 11.37

sevima.com

Program Master atau magister Teknik Sistem dan Industri ITS memiliki tujuan untuk melengkapi mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang lebih mendalam yang berhubungan dengan kemampuan di bidang perancangan, instalasi dan perbaikan sistem industri yang kompleks. Kita menawarkan 7 konsentrasi dalam program master, yakni:

  1. Manajemen Kualitas dan Manufaktur (MKM)
  2. Optimasi Sistem dan Industri (OSI)
  3. Manajemen Logistik dan Rantai Pasok (MLRP)
  4. Ergonomi dan Keselamatan Industri (EKI)
  5. Manajemen Rekayasa (MR)
  6. Rekayasa Sistem dan Industri (RSI)
  7. Operations and Supply Chain Engineering (OSCE)

Mahasiswa master wajib menuntaskan 36 satuan kredit semester (SKS) yang meliputi mata kuliah wajib, pilihan dan tesis. Durasi normal untuk menuntaskan program master ialah 2 tahun, tetapi mahasiswa berprestasi dapat menuntaskan dalam waktu 1,5 tahun. Tesis mempunyai bobot 6 SKS dimana mahasiswa akan dibimbing oleh pengajar. Mahasiswa wajib mempresentasikan proposal tesis di depan panel penguji. Saat laporan tesis tuntas, mahasiswa harus mempertahankan tesis mereka. Sebagai bagian dari persyaratan gelar, mahasiswa harus mempresentasikan karya tesis mereka dalam konferensi nasional maupun internasional atau mempublikasikannya dalam jurnal akademik nasional atau internasional.

Proses penerimaan diselenggarakan 2 kali setahun. Semester pertama dimulai diawal September, sementara semester kedua dimulai pada awal Februari. Informasi lebih lanjut tentang proses penerimaan tersedia di https://www.its.ac.id/admission/pascasarjana/.

Magister Teknik (MT) gelar akan diberikan kepada mereka yang sudah lulus seluruh persyaratan.

VISI MISI

Program studi Magister Teknik Industri, Departemen Teknik Sistem dan Industri ITS mempunyai visi dan misi diantaranya:

Visi: Menjadi institusi pendidikan magister teknik industri unggulan yang mempunyai reputasi internasional dan mampu mendukung pembangunan nasional yang berkelanjutan.

Misi:

  1. Mengadakan pendidikan magister pada bidang Teknik Sistem dan Industri yang berkualitas tinggi dan mempunyai reputasi internasional.
  2. Menciptakan atmosfir penelitian yang kondusif dan mendukung terciptanya hasil-hasil yang dapat dipublikasikan secara internasional.
  3. Menyebarluaskan dan mengaplikasikan ilmu Teknik Sistem dan Industri untuk memecahkan persoalan industri dan masyarakat

Bidang Konsentrasi

1. Manajemen Kualitas dan Manufaktur (MKM)

Oleh Laboratorium Sistem Manufaktur (SIMAN) atau Manufacturing Systems Laboratory (ManSys Lab)

Konsentrasi ini menyiapkan lulusan untuk memahami konsep dan mempunyai kemampuan guna merancang, mengoperasikan, mengelola dan melaksanakan perbaikan yang berkelanjutan pada Sistem Manufaktur secara cerdas (smart) agar menjadi lebih efisien dengan mempertimbangkan isu lingkungan (green). Lulusan dari konsentrasi ini sesuai untuk bekerja di beragam sektor baik manufaktur ataupun jasa.

2. Optimasi Sistem dan Industri (OSI)

Oleh Laboratorium Pemodelan Quantitatif dan Analisa Kebijakan Industri atau Laboratory of Quantitative Modeling and Industrial Policy Analysis (QMIPA)

Konsentrasi ini membekali lulusan dengan kemampuan analitis yang mendalam, banyak menggunakan model-model matematis (optimasi), model statistik, ataupun model simulasi. Lulusannya akan cocok bekerja di berbagai bidang kerja yang memerlukan analisis sistem yang kompleks baik pada industri manufaktur ataupun jasa.

3. Manajemen Logistik dan Rantai Pasok (MLRP)

Oleh Laboratorium Logistik dan Manajemen Rantai Pasok atau Laboratory of Logistics and Supply Chain Management (LSCM)

Konsentrasi ini membekali lulusan dengan kemampuan untuk merancang, merencanakan, mengoperasikan, dan mengendalikan aliran material dari hulu ke hilir lintas organisasi. Lulusannya akan cocok bekerja pada industri manufaktur untuk fungs-fungsi perencanaan produksi dan pengendalian persediaan, pengadaan, pergudangan, serta di industri logistik.

Informasi bidang konsentrasi selengkapnya terdapat di website resmi its.ac.id.


Disadur dari sumber its.ac.id