Sequoia dan Tiger Global Membawa SoftBank ke Pembersih

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 12.45

www.bloomberg.com

Ini adalah pukulan lain bagi reputasi Masayoshi Son.

Jika kegagalan di WeWork Inc. dan Greensill Bank AG tidak cukup, Klarna Bank AB harus menjadi pengingat bagus lainnya bahwa SoftBank Group Corp. adalah paus paling tidak beruntung di dunia modal ventura yang padat. Pendiri Masayoshi Son entah bagaimana selalu berhasil memegang kartu terburuk.

Fintech yang berbasis di Swedia, yang dikenal dengan penawaran beli sekarang bayar nanti, sedang dalam pembicaraan untuk mengumpulkan sekitar $650 juta – sebagian besar dari investor yang ada yang dipimpin oleh Sequoia Capital. Jika selesai, kesepakatan ini akan mengatur ulang penilaian Klarna menjadi $6,5 miliar, sebagian kecil dari $45,6 miliar yang dihargai setahun yang lalu dalam putaran pendanaan $639 juta yang dipimpin oleh SoftBank.

Pendaratan Kecelakaan

Putaran pembiayaan terbaru Klarna mengatur ulang penilaiannya, menyebabkan kerugian di Vision Fund kedua SoftBank.

Ini adalah skala epik pembulatan ke bawah — kecuali Anda SoftBank. Dua tahun lalu, manajer Vision Fund senilai $100 miliar memangkas penilaian WeWork menjadi $2,9 miliar dari $47 miliar pada 2019. Sementara jumlah dolar absolut yang terlibat dengan Klarna jauh lebih kecil, pukulan terhadap reputasi Son tetap merusak. Vision Fund kedua akan segera mencatatkan saham Klarna-nya, menghapus sebagian besar keuntungannya. Pada 31 Maret, dana $56 miliar ini hanya mencatat keuntungan investasi $0,8 miliar. Seorang juru bicara SoftBank Vision Fund menolak mengomentari pertanyaan yang dikirim oleh Bloomberg Opinion.

Sementara itu, Michael Moritz dari Sequoia, yang juga menjabat sebagai ketua Klarna, telah memainkan kartunya dengan baik. Sequoia mendukung Klarna sejak 2010 — sejak itu, ia memimpin putaran pendanaan pada 2014 dengan valuasi $1,4 miliar yang dilaporkan, dan diinvestasikan lagi pada 2019 sebesar $3,5 miliar. Pada Maret, itu adalah pemegang saham terbesar Klarna.

Tidak seperti SoftBank, kesepakatan ini tidak akan memaksa Sequoia untuk mencatat kerugian yang belum direalisasi, karena telah berinvestasi lebih awal. Tetapi yang lebih penting, dengan resesi global yang membayangi dan Klarna membutuhkan modal sebagai penyangga terhadap neraca konsumen yang memburuk, mengapa Moritz harus peduli jika penilaian unicorn Son jatuh lagi?

Tahun lalu, Tiger Global Management dari Chase Coleman mengambil alih SoftBank sebagai pemodal ventura tersibuk di dunia. Tiger adalah magnet uang, mengumpulkan hampir $20 miliar dalam rentang waktu hanya satu tahun untuk dua dana baru. Manajer aset telah memanfaatkan hubungan perbankannya, menjangkau investor seluas klien kekayaan pribadi.

Memang, Tiger juga merupakan ancaman bagi dana VC Lembah Silikon. Namun Sequoia menemukan solusi, merombak strukturnya menjadi penasihat investasi seperti Tiger sebagai cara untuk menarik investor yang lebih memilih toko serba ada. Sequoia dilaporkan mengumpulkan dua dana baru yang berfokus pada AS, senilai hingga $ 2,25 miliar. Afiliasi Cinanya akan menutup $9 miliar dalam modal baru, kumpulan uang terbesar yang pernah dikumpulkan oleh satu perusahaan VC untuk bertaruh pada startup teknologi lokal.


Disadur dari sumber bloomberg.com