Studi Waktu dan Gerak

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 11.26

www.pexels.com

Studi waktu dan gerak (atau studi gerak waktu) adalah teknik efisiensi bisnis yang menggabungkan karya Studi Waktu Frederick Winslow Taylor dengan karya Studi Gerak Frank dan Lillian Gilbreth (pasangan yang sama seperti yang paling dikenal melalui film biografi 1950 dan buku Lebih Murah oleh Lusin). Ini adalah bagian utama dari manajemen ilmiah (Taylorisme). Setelah diperkenalkan pertama kali, studi waktu berkembang ke arah penetapan waktu standar, sedangkan studi gerak berkembang menjadi teknik untuk meningkatkan metode kerja. Kedua teknik menjadi terintegrasi dan disempurnakan menjadi metode yang diterima secara luas yang berlaku untuk perbaikan dan peningkatan sistem kerja. Pendekatan terpadu untuk perbaikan sistem kerja ini dikenal sebagai metode rekayasa dan diterapkan hari ini untuk industri serta organisasi jasa, termasuk bank, sekolah dan rumah sakit.

Studi waktu

Studi waktu adalah pengamatan langsung dan terus menerus dari suatu tugas, menggunakan perangkat penunjuk waktu (misalnya, stopwatch menit desimal, stopwatch elektronik berbantuan komputer, dan kamera videotape) untuk merekam waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas dan sering digunakan ketika:

  • ada siklus kerja berulang dengan durasi pendek hingga panjang,
  • berbagai macam pekerjaan yang berbeda dilakukan, atau
  • elemen kontrol proses merupakan bagian dari siklus.

Standar Terminologi Teknik Industri, mendefinisikan studi waktu sebagai "teknik pengukuran kerja yang terdiri dari pengukuran waktu yang cermat dari tugas dengan alat pengukur waktu, disesuaikan untuk setiap varians yang diamati dari upaya atau kecepatan normal dan untuk memberikan waktu yang memadai untuk item seperti elemen asing. , penundaan yang tidak dapat dihindari atau mesin, istirahat untuk mengatasi kelelahan, dan kebutuhan pribadi."

Sistem studi waktu dan gerak sering dianggap sebagai istilah yang dapat dipertukarkan, deskriptif teori setara. Namun, prinsip-prinsip yang mendasari dan dasar pemikiran untuk pembentukan masing-masing metode berbeda, meskipun berasal dari aliran pemikiran yang sama.

Penerapan sains pada masalah bisnis, dan penggunaan metode studi waktu dalam penetapan standar dan perencanaan kerja, dipelopori oleh Frederick Winslow Taylor. Taylor berhubungan dengan manajer pabrik dan dari keberhasilan diskusi ini menulis beberapa makalah yang mengusulkan penggunaan standar kinerja kontingen upah berdasarkan studi waktu ilmiah. Pada tingkat yang paling dasar, studi waktu melibatkan pemecahan setiap pekerjaan menjadi bagian-bagian komponen, mengatur waktu setiap bagian dan menyusun kembali bagian-bagian itu menjadi metode kerja yang paling efisien. Dengan menghitung dan menghitung, Taylor ingin mengubah manajemen, yang pada dasarnya adalah tradisi lisan, menjadi seperangkat teknik yang dihitung dan ditulis.

Taylor dan rekan-rekannya menekankan pada isi pekerjaan sehari yang adil, dan berusaha untuk memaksimalkan produktivitas terlepas dari biaya fisiologis pekerja. Misalnya, Taylor menganggap penggunaan waktu yang tidak produktif (prajurit) sebagai upaya yang disengaja oleh para pekerja untuk mempromosikan kepentingan terbaik mereka dan untuk membuat majikan tidak mengetahui seberapa cepat pekerjaan dapat dilakukan. Pandangan instrumental tentang perilaku manusia ini oleh Taylor mempersiapkan jalan bagi hubungan manusia untuk menggantikan manajemen ilmiah dalam hal keberhasilan sastra dan aplikasi manajerial.

Prosedur studi waktu langsung

Berikut adalah prosedur yang dikembangkan oleh Mikell Groover untuk studi waktu langsung:

  1. Mendefinisikan dan mendokumentasikan metode standar.
  2. Bagilah tugas menjadi elemen kerja.

Dua langkah pertama ini dilakukan sebelum waktu yang sebenarnya. Mereka membiasakan analis dengan tugas dan memungkinkan analis untuk mencoba memperbaiki prosedur kerja sebelum menentukan waktu standar.

  1. Atur waktu elemen pekerjaan untuk mendapatkan waktu yang diamati untuk tugas tersebut.
  2. Mengevaluasi kecepatan pekerja relatif terhadap kinerja standar (peringkat kinerja), untuk menentukan waktu normal.

Perhatikan bahwa langkah 3 dan 4 dilakukan secara bersamaan. Selama langkah-langkah ini, beberapa siklus kerja yang berbeda diatur waktunya, dan setiap kinerja siklus dinilai secara independen. Akhirnya, nilai-nilai yang dikumpulkan pada langkah-langkah ini dirata-ratakan untuk mendapatkan waktu yang dinormalisasi.

  1. Terapkan kelonggaran waktu normal untuk menghitung waktu standar. Faktor tunjangan yang dibutuhkan dalam pekerjaan kemudian ditambahkan untuk menghitung waktu standar untuk tugas tersebut.

Melakukan studi waktu

Menurut pedoman praktik yang baik untuk studi produksi studi waktu yang komprehensif terdiri dari:

  1. penetapan tujuan studi;
  2. Desain eksperimental;
  3. pengumpulan data waktu;
  4. Analisis data;
  5. Pelaporan.
  6. Analisis area kerja yang mudah

Pengumpulan data waktu dapat dilakukan dengan beberapa cara, tergantung pada tujuan studi dan kondisi lingkungan. Data waktu dan gerak dapat ditangkap dengan stopwatch umum, komputer genggam atau perekam video. Ada sejumlah paket perangkat lunak khusus yang digunakan untuk mengubah palmtop atau PC genggam menjadi perangkat studi waktu. Sebagai alternatif, data waktu dan gerak dapat dikumpulkan secara otomatis dari memori perangkat kendali komputer chines (yaitu studi waktu otomatis).

Kritik

Menanggapi studi waktu Taylor dan pandangan tentang sifat manusia, banyak kritik dan reaksi keras dicatat. Serikat pekerja, misalnya, menganggap studi waktu sebagai alat manajemen terselubung yang dirancang untuk menstandarisasi dan mengintensifkan laju produksi. Demikian pula, individu seperti Gilbreth (1909), Cadbury dan Marshall sangat mengkritik Taylor dan meresapi karyanya dengan subjektivitas. Misalnya, Cadbury dalam menjawab Thompson menyatakan bahwa di bawah manajemen ilmiah keterampilan dan inisiatif karyawan diturunkan dari individu ke manajemen, pandangan yang ditegaskan kembali oleh Nyland. Selain itu, kritikus Taylor mengutuk kurangnya substansi ilmiah dalam studi waktunya, dalam arti bahwa mereka sangat bergantung pada interpretasi individu tentang apa yang sebenarnya dilakukan pekerja. Namun, nilai dalam merasionalisasi produksi tidak dapat disangkal dan didukung oleh akademisi seperti Gantt, Ford dan Munsterberg, dan anggota masyarakat Taylor Mr C.G. Renold, Mr. W.H. Jackson dan Mr C.B. Thompson. Studi waktu yang tepat didasarkan pada pengamatan berulang, sehingga gerakan yang dilakukan pada bagian yang sama secara berbeda oleh satu atau banyak pekerja dapat direkam, untuk menentukan nilai-nilai yang benar-benar berulang dan terukur.

Studi gerak

Berbeda dengan, dan dimotivasi oleh, metode studi waktu Taylor, keluarga Gilbreth mengusulkan bahasa teknis, yang memungkinkan analisis proses kerja dalam konteks ilmiah. Keluarga Gilbreth memanfaatkan wawasan ilmiah untuk mengembangkan metode studi berdasarkan analisis "gerakan kerja", yang sebagian terdiri dari merekam detail aktivitas pekerja dan postur tubuh mereka saat merekam waktu. Film-film itu melayani dua tujuan utama. Salah satunya adalah catatan visual tentang bagaimana pekerjaan telah dilakukan, menekankan area untuk perbaikan. Kedua, film-film tersebut juga bertujuan untuk melatih para pekerja tentang cara terbaik untuk melakukan pekerjaan mereka. Metode ini memungkinkan Gilbreth untuk membangun elemen terbaik dari alur kerja ini dan untuk membuat praktik terbaik standar.

Taylor vs. Gilbreths

Meskipun bagi Taylor, studi gerak tetap berada di bawah studi waktu, perhatian yang dia berikan pada teknik studi gerak menunjukkan keseriusan yang dia anggap sebagai metode Gilbreths. Perpecahan dengan Taylor pada tahun 1914, atas dasar sikap terhadap pekerja, berarti Gilbreths harus berdebat bertentangan dengan serikat pekerja, komisi pemerintah dan Robert Hoxie yang percaya manajemen ilmiah tak terbendung. Keluarga Gilbreth diberi tugas untuk membuktikan bahwa studi gerak khususnya, dan manajemen ilmiah pada umumnya, meningkatkan hasil industri dengan cara yang meningkatkan dan tidak mengurangi kekuatan mental dan fisik pekerja. Ini bukanlah tugas yang mudah mengingat propaganda yang memicu laporan Hoxie dan pertentangan serikat pekerja terhadap manajemen ilmiah. Selain itu, kredibilitas Gilbreths dan keberhasilan akademis terus terhambat oleh Taylor yang berpandangan bahwa studi gerak tidak lebih dari kelanjutan karyanya.

Sementara baik Taylor dan Gilbreth terus dikritik untuk pekerjaan mereka masing-masing, harus diingat bahwa mereka menulis pada saat reorganisasi industri dan munculnya organisasi besar dan kompleks dengan bentuk teknologi baru. Selanjutnya, menyamakan manajemen ilmiah hanya dengan studi waktu dan gerak dan akibatnya kontrol tenaga kerja tidak hanya salah memahami ruang lingkup manajemen ilmiah, tetapi juga salah menafsirkan insentif Taylor untuk mengusulkan gaya pemikiran manajerial yang berbeda.

Waktu perawatan kesehatan dan studi gerak

Sebuah studi waktu dan gerak perawatan kesehatan digunakan untuk meneliti dan melacak efisiensi dan kualitas petugas kesehatan. Dalam kasus perawat, banyak program telah dimulai untuk meningkatkan persentase pengeluaran perawat shift untuk memberikan perawatan langsung kepada pasien. Sebelum intervensi perawat ditemukan menghabiskan ~ 20% dari waktu mereka melakukan perawatan langsung. Setelah intervensi terfokus, beberapa rumah sakit menggandakan jumlah itu, dengan beberapa bahkan melebihi 70% dari waktu shift dengan pasien, sehingga mengurangi kesalahan, kode, dan jatuh.

Metode

Pengamat eksternal: Seseorang secara visual mengikuti orang yang diamati, baik secara bersamaan atau melalui rekaman video. Metode ini menghadirkan biaya tambahan karena biasanya membutuhkan rasio waktu penelitian 1 banding 1 dengan waktu subjek. Keuntungannya adalah data bisa lebih konsisten, lengkap, dan akurat dibandingkan dengan self-reporting.

Pelaporan diri: Studi yang dilaporkan sendiri membutuhkan target untuk mencatat waktu dan data aktivitas. Hal ini dapat dilakukan secara bersamaan dengan meminta subjek berhenti dan memulai pengatur waktu saat menyelesaikan tugas, melalui pengambilan sampel kerja di mana subjek mencatat apa yang mereka lakukan pada interval yang ditentukan atau acak, atau dengan membuat jurnal aktivitas subjek di penghujung hari. Pelaporan diri memperkenalkan kesalahan yang mungkin tidak ada melalui metode lain, termasuk kesalahan dalam waktu penerimaan dan memori, serta motivasi untuk memanipulasi data.

Otomatisasi: Gerakan dapat dilacak dengan GPS. Kegiatan dokumentasi dapat dilacak melalui perangkat lunak pemantauan yang tertanam dalam aplikasi yang digunakan untuk membuat dokumentasi. Pemindaian lencana juga dapat membuat log aktivitas.

 

Sumber Artikel: en.wikipedia.org