Supermarket Milik Alibaba Freshippo (Hema) PHK Massal Karyawan demi Efisiensi

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 12.28

holopis.com

Jakarta, CNBC Indonesia - Prospek pasar grosir online di China makin suram, dampaknya pun dirasakan oleh unit bisnis supermarket Alibaba, Freshippo (Hema). Freshippo diketahui mulai menjalankan pemutusan hubungan kerja (PHK) semenjak Mei.

PHK di Freshippo khususnya berfokus pada departemen pengadaan dan operasi di setiap daerah operasi. Perusahaan juga sudah menyiapkan kompensasi untuk mereka yang terkena dampak, sebagian besar akan mendapatkan N+1.

Tetapi, bukan kali ini saja Freshippo menjalankan PHK. Semenjak beralih menjadi perusahaan independen setelah sebelumnya beroperasi sebagai unit bisnis Alibaba Group, kebijakan itu sering terjadi.

Pada Bulan Maret lalu, 20 persen karyawannya diberhentikan. Bisnis pembelian kelompok perusahaan menarik diri dari beberapa daerah, seperti Guangzhou, Shenzhen, Suzhou, Beijing, Chengdu, dan Wuhan.

Selain PHK, bonus akhir tahun tim manajemen senior terpengaruh. Porsinya berkurang setengahnya dari tahun-tahun sebelumnya, dilansir dari laman Equalocean, Kamis(23/6/2022).

Tetapi dilaporkan sebagian dari insentif karyawan tetap diberikan. Menurut sumber internal menyatakan bahwa bonus akhir tahun tertunda dibayarkan sampai satu bulan kemudian.

CEO Hou Yi menyatakan keinginannya untuk meningkatkan profitabilitas 1 toko menjadi keuntungan penuh. Ini dia sebutkan dalam komunikasi internal bulan Januari lalu.

Dalam rangka memenuhi keinginan tersebut akan dilaksanakan penyesuaian pada mekanisme organisasi internal dan kompensasi serta kesejahteraan. Freshippo disebut akan 'mengencangkan ikat pinggang' untuk sekarang ini, tetapi berbagi hasil pertumbuhan lebih banyak karyawan di garis terdepannya dengan memperluas cakupan opsi pengeluaran.

Freshippo harus menghadapi ancaman pula dari para pesaing domestik di industri ini dari MissFresh, Dingdong Maicai, dan Meituan.


Disadur dari sumber cnbcindonesia.com