UNM Adakan Uji Sertifikasi Kompetensi (Serkom) sebagai Bekal Mahasiswa SI Tingkatkan Kompetensi Programmer

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 11.38

www.republika.co.id

Sertifikasi adalah sebuah kewajiban untuk seseorang yang mempunyai keahlian dibuktikan dengan sertifikat kompetensi, dikutip dari REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta. Adanya sertifikat  tersebut memperlihatkan keahlian seseorang yang dapat diakui dan mempunyai nilai jual. Lulusan yang mempunyai sertifikasi keahlian, pasti akan mempunyai nilai tambah sebagai seorang tenaga kerja.

Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Margonda, Depok  pada hari Sabtu (05/02) berhasil menyelenggarakan uji sertifikasi kompetensi (serkom) sebagai bekal untuk mahasiswa dalam Program Studi (Prodi) Sistem Informasi. 100 telah mengikuti Serkom ini.

Frieyadie, sebagai salah satu asesor serkom menyampaikan, dalam proses uji kompetensi ini mahasiswa diwajibkan menuntaskan beberapa tahapan ujian yang meliputi observasi langsung, soal essay serta praktikum.

“Tahapan itu, telah dibuat berdasarkan SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) bidang keahlian analisis program. Oleh karena itu, bila mahasiswa bisa menuntaskan seluruh ujian, maka mahasiswa bisa dinyatakan lulus dengan standar kompetensi nasional,” ungkapnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id,  Senin (07/02).

Sedangkan, Andry Maulana selaku kepala kampus Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Margonda menyampaikan, terdapat 10 asesor uji kompetensi yang datang pada acara tersebut yakni Instianti Elyana, Tati Mardiana, Sukmawati Anggraeni Putri serta Frieyadie.

“Aktifitas uji kompetensi ini diadakan secara offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat diantaranya pengecekan suhu, menjaga jarak, penggunaan masker dan scan pada aplikasi peduli lindungi,” ungkapnya.

Sukmawati Anggraeni Putri selaku ketua Prodi Sistem Informasi mengungkapkan, uji kompetensi ini begitu bermanfaat bagi mahasiswa dan sayang sekali jika mahasiswa tak mengikuti kesempatan ini. Dikarenakan, sesudah lulus nanti, mahasiswa tak hanya mempergunakan ijazah saja  sebagai modal untuk memasuki dunia kerja.

“Semoga uji kompetensi ini dapat menjadi bekal mahasiswa saat lulus nanti. Dan siap untuk menjawab seluruh tantangan di dunia kerja serta dunia industri. Lulusan Universitas Nusa Mandiri (UNM) semakin banyak dicari oleh perusahaan disebabkan keahlian yang dimiliki,” tutupnya.


Disadur dari sumber republika.co.id